Menparekraf Lantik Pejabat Poltekpar NHI Bandung dan Pejabat Fungsional Lingkup Kemenparekraf

Azhari Setiawan
21 Feb 2022
1061 viewers

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, melantik Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas Poltekpar NHI Bandung, serta Pejabat Fungsional di lingkup Kemenparekraf/Baperekraf. 

Pelantikan dilakukan terhadap 11 pejabat, yakni satu Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung, Andar Danova Lastaripar Goeltom, S.Sos., M.Sc. Selain itu, juga dilakukan pelantikan terhadap 2 Pejabat Administrator, 4 pejabat pengawas, dan 4 pejabat fungsional. 

Pelantikan 11 pejabat ini dilaksanakan secara daring dan luring di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (21/2/2022). 

Dalam sambutannya, Menparekraf Sandiaga menyampaikan bahwa pelantikan yang dilaksanakan itu adalah pelantikan yang bersejarah, yakni pelantikan pertama untuk Direktur beserta seluruh kabinetnya, yaitu para pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas Politeknik Pariwisata NHI Bandung yang baru berubah status kelembagaannya dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. 

Kedua, pelantikan pertama kalinya untuk Pejabat Fungsional Adyatama Parekraf, yang merupakan jabatan fungsional pertama yang lahir untuk memelopori dan melaksanakan Pengelolaan dan Pengembangan Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif secara nasional. 

"Oleh karena itu saya ucapkan selamat kepada bapak dan ibu semua yang telah dilantik. Anda semua harus siap segera melaksanakan tugas dan fungsi dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif karena pastinya sudah banyak tugas tugas yang menanti," kata Sandiaga. 

Lebih lanjut, Sandiaga menjelaskan bahwa tugas di dunia pendidikan memiliki tantangan yang luar biasa khususnya di masa pandemi. Para pejabat harus mampu membangun kepercayaan publik salah satunya dituntut untuk lebih inovatif. 

"Bukan hanya dosennya, direkturnya, yang berinovasi tapi seluruh civitas akademika harus mampu berinovasi. Salah satunya, Inovasi mengacu best practice pelatihan di bidang kepariwisataan maupun Inovasi kurikulum berbasis kewirausahaan juga sangat penting untuk dihadirkan,” kata Sandiaga. 

Sandiaga menyebut bahwa Perguruan Tinggi Pariwisata harus mampu menghadirkan engagement (keterhubungan) and linkage (keterikatan) dengan para pemangku kepentingan. Tujuannya agar bisa membangun kolaborasi dan sinergi serta gotong royong dengan para pemangku kepentingan. 

"Ini adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga eksistensi 6 (enam) Politeknik di bidang parekraf yang kita miliki ini dapat memberikan sustainable impact bagi masyarakat luas karena kita mampu menghadirkan inovasi-inovasi yang bermanfaat,” ujarnya. 
 

Tags : Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno

Most viewed photos