Buka Eksibisi E-Sports PON Papua, Menparekraf Optimistis Ekosistem E-Sports Indonesia Makin Kuat

Azhari Setiawan
22 Sep 2021
21 viewers

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, optimistis ekosistem dari E-Sports tanah air semakin kuat sehingga dapat mendorong naiknya kontribusi ekonomi digital terhadap perekonomian nasional. 

Hal tersebut dikatakan Menparekraf Sandiaga Uno saat membuka Eksibisi E-Sports PON XX Papua yang berlangsung pada Selasa (21/9/2021) malam, di Hocky Indoor, Doyo Baru, Jayapura.

"Saya menyampaikan terima kasih atas diperkenankannya E-Sports menjadi salah satu cabang olahraga dalam eksibisi PON Papua. Ini merupakan dorongan motivasi yang besar dalam pengembangan dan penguatan ekosistem E-Sports di tanah air," kata Menparekraf Sandiaga Uno. 

Menparekraf menjelaskan, pemerintah terus berupaya untuk mendorong naiknya kontribusi ekonomi digital terhadap perekonomian nasional. Industri gim, termasuk E-Sports, merupakan salah satu peluang bisnis yang potensial ke depan. 

"Sumbangan industri E-Sports pada tahun 2019 tercatat sebesar 1,3 miliar dolar AS. Dalam setahun, pendapatan industri E-Sports mampu tumbuh sebesar 33 persen menjadi 1,8 miliar dolar AS. Tidak hanya ditangkap sebagai sebagai market, namun Indonesia juga secara aktif menjadi pelaku," kata Sandiaga yang juga merupakan Pembina Pengurus Besar E-Sports Indonesia (PBESI). 

Selain memberi kesempatan bagi para pecinta olahraga ini untuk bertanding dan membawa nama besar daerah masing-masing, penyelenggaraan eksibisi ini juga menjadi bentuk pembuktian kesiapan para pihak yang terlibat seperti event organizer (EO), tim yang bertanding serta masyarakat, akan pentingnya penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE yang ketat dan disiplin. 

"Melihat peluang yang ada pada industri kreatif ini, bukan tidak mungkin Indonesia dengan segala kesiapan dapat menjadi tuan rumah bagi event pertandingan E-sports sejenis, baik dalam skala nasional maupun internasional kedepannya," kata Sandiaga. 

Tags : Esport Jayapura Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Papua PON PON XX Sandiaga Salahuddin Uno

Most viewed photos