Menparekraf Ajak Atta Halilintar Ikut Promosikan Desa Wisata Maria di Bima, NTB

Azhari Setiawan
14 Jun 2021
649 viewers

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengajak selebritas Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Desa Wisata Maria di Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. 

Termasuk mengajak desa-desa wisata lainnya di Nusa Tenggara Barat serta Indonesia pada umumnya untuk ikut serta di Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Menparekraf Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan ke Desa Wisata Maria, Kabupaten Bima, Minggu (13/6/2021), menilai, keberadaan Desa Wisata Maria akan mampu memberikan multiplier effect yang besar bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Bima. 

“Desa Wisata Maria ini mampu memberikan multiplier effect yang mendalam bagi masyarakat. Ini yang kita dorong, serta saya juga menginstruksikan kepada jajaran Kemenparekraf untuk memberikan pendampingan terkait homestay dan perlengkapan kebersihan di sini,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Dalam kunjungan tersebut, selain Atta Halilintar dan istri, turut hadir Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri, Kepala Desa Maria Imran Ibrahim, seorang Stand Up Comedy yang juga putra daerah asli Nusa Tenggara Barat Rigen Rakelna, serta Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf Indra Ni Tua.

Desa Wisata Maria Wawo, Kabupaten Bima, dipilih dalam kegiatan sosialisasi  ini karena desa wisata ini terkenal dengan wisata adat budayanya. Seperti Uma Lengge yang merupakan bangunan tradisional Suku Mbojo yang mendiami wilayah yang kini masuk dalam Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima. Uma Lengge berbentuk kerucut di bagian atap. Pada zaman dulu, Uma Lengge digunakan sebagai tempat tinggal oleh masyarakat Wawo dan sebagian digunakan juga sebagai lumbung padi.

Selain itu juga atraksi budaya lainya seperti tari sambutan adat Makatua, Tari Wura Bongi Monca, Kareku Kandei (menumbuk padi dengan bunyi berirama), tari Mpa’a Ntumbu Tuta. 
 

Tags : 2021 Anugerah Desa Wisata Bima Desa Wisata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno Desa Wisata Maria

Most viewed photos