Kemenparekraf Siapkan Pendampingan Bagi Pelaku Ekraf di Desa Wisata NTB

Azhari Setiawan
16 Jan 2021
674 viewers

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyiapkan berbagai program pendampingan bagi pelaku ekonomi kreatif (ekraf) agar dapat menghasilkan produk ekraf berdaya saing tinggi. Tidak hanya untuk pasar tanah air, tapi juga internasional. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (15/1/2021). Dalam kesempatan itu, Menparekraf berkunjung ke ke Desa Wisata Sukarara dan Desa Sade, di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 

Menparekraf melihat potensi besar yang dimiliki desa wisata tersebut. Mulai dari budaya, kehidupan masyarakat, juga deretan produk ekonomi kreatif seperti kuliner serta tenun Songket yang begitu indah. 

“Saya tadi sudah mendengar keluhan-keluhan dari para pelaku ekraf di sini, pertama kendala di pemasaran, kedua permodalan, ketiga adalah peningkatan SDM (sumber daya manusia) di sini. Kita akan merancang program sehingga bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah NTB untuk menciptakan peluang dan lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” kata Menparekraf Sandiaga. 

Menparekraf akan melibatkan desainer-desainer terbaik tanah air agar produk kriya yang ada di Desa Sukarara dan Desa Sade bisa menembus pasar tidak hanya nasional melainkan pasar global. 

Tags : 2021 Desa Sade Desa Wisata KemenparekrafRI Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno Tenun

Most viewed photos