Kain Endek Bali Mendunia Lewat Paris Fashion Week

Marcell Lahea
16 Oct 2020
699 viewers

Kain tenun yang telah lama dijadikan simbol ikatan tali persaudaraan di Pulau Dewata, Kain Endek Bali menjadi perbincangan hangat para pemerhati tata busana dunia dalam Paris Fashion Week, tepatnya oleh perancang busana terkenal Christian Dior sebagai bagian dari koleksi musim semi dan musim panas 2021.  

Koleksi Christian Dior dalam Paris Fashion Week yang menggunakan kain Endek Bali ada sekitar sembilan desain terbaru untuk koleksi busana dan tas dengan warna-warni unik dengan inspirasi Dior untuk mengangkat nilai dari kebudayaan serta kerajinan tangan terutama oleh para penenun perempuan.

Dalam beberapa motif tertentu kain tenun ini juga berfungsi sebagai penolak bala dan pembawa keberuntungan. Namun seiring perkembangan jaman, kain Endek mulai digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Teknik pembuatannya juga melewati serangkaian proses kreatif karena memadukan pemilihan kualitas benang, pewarnaan alami dengan desain menarik bagi generasi milenial.

Seiring dengan semakin mendunianya Kain Endek Bali semakin banyak pula pagelaran busana yang digelar para desainer dengan kreasi terbaru dalam berbagai macam bentuk barang, termasuk sandal, dompet, clutch, bahkan tas yang dibuat unik untuk lebih menarik para anak muda hingga dapat melestarikan kain tenun ini dimata kalangan anak muda Bali.

 

 

Tags : Bali Beli Kreatif Lokal Ekonomi Kreatif Indonesia Kreatif Kain Endek Bali KemenparekrafRI Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Thoughtful Indonesia Wonderful Indonesia

Most viewed photos