Desa Sasak Sade

Posted on October 9, 2020 by Azhari Setiawan
Heritage Desa Adat Desa Sade Desa Wisata Pesona Indonesia Wonderful Indonesia
Share this article

Lombok memang kaya akan keindahan alamnya, dari mulai berbagai pantai yang indah sampai Gunung Rinjani yang megah. Tapi Lombok tidak habis sampai situ saja, kenali juga tradisi budaya dan kehidupan Lombok khususnya di Desa Sade, desa tradisionalnya Suku Sasak asli Lombok.

Desa Sade terletak di wilayah Rembitan, Lombok Tengah. Desa ini hanya berjarak 13 Km dari bandara, bisa ditempuh selama kurang lebih 20 menit menggunakan mobil. Desa ini merupakan salah satu desa tradisional di Lombok. Di desa ini terdapat 150 rumah dengan 150 kepala keluarga dengan jumlah kepala 700 orang dan desa ini telah dihuni 15 generasi.

Terlihat rumah dengan atap jerami, berdinding bambu dan berlantai tanah liat berdiri kokoh dan berjejer. Inilah rumah tradisional yang masih dipertahankan Desa Sade.

Jika berkeliling di desa ini, akan terlihat beberapa wanita menawarkan dagangannya berupa kain tenun serta aksesoris seperti gelang dan kalung, hal ini karena menenun adalah tradisi wajib yang harus dikuasai oleh perempuan Sade.