Kusir Andong Tour Tilik Ndeso

Masday
14 Jul 2020
1131 viewers

Pesona Candi Borobudur memang tidak ada habisnya untuk mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara. Terlebih karena di tahun 2018 ini Candi Borobudur masuk di 18 Destinasi prioritas “Visit Wonderful Indonesia” yang digagas oleh Kemenpar di awal tahun kemarin.

Hal ini semakin menjadi angin segar bagi warga sekitar yang notabene memang mencari hidup dari wisatawan Candi Borobudur. Salah satunya bagi Parsodin (50) warga Djowahan, Wanurejo, Borobudur yang sehari hari menjadi “Kusir Andong Tour Tilik Ndeso”. Bapak yang juga aktif di sosial media ini juga punya harapan besar terhadap Program “Visit Wonderful Indonesia”. 

Ketika ditanya harapan adanya program ini. Beliau menjawab semoga dengan adanya program ini peningkatan kesejahteraan warga sekitar naik dan juga bisa mempertahankan kendaraan tradisional agar terus bisa dilestarikan, “kan andong ini sudah ada sejak 800 masehi. Ada juga digambar di relief Candi Borobudur, jadi lebih antik dari mobil VW” terangnya.

Andong ini digerakkan oleh Paguyuban Andong Tour Anggajaya dikelola oleh Forum Rembug Klaster Pariwisata dan juga bekerjasama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur. 

Jadi untuk wisatawan yang selepas turun dari candi dan capek harus jalan ke parkiran, bisa naik Andong ini nanti gratis minum Jahe Anget dan gorengan lho. Yaa semoga dengan adanya program ini bisa semakin menaikkan kesejahtaraan warga sekitar.

Tags : Borobudur Candi Magelang

Most viewed photos